PT.
Amerta Indah Otsuka
Latar Belakang
PT. Amerta Indah Otsuka
Merupakan
anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical yang bergerak di bidang farmasi yang
sudah terkenal di Jepang. PT. Amerta Indah Otsuka bergerak di bidang bisnis minuman
isotonik. PT. Amerta Indah Otsuka merupakan perusahaan yang memasarkan produk
minuman Pocary Sweat di Indonesia. Belakangan ini selain memproduksi minuman
isotonic dengan merek Pocary Sweat di Indonesia, PT. Amerta Indah Otsuka juga
memproduksi makanan ringan berbentuk bar yang terbuat dari tepung kedelai dan
buah buahan asli yang ber merk Soyjoy.
Produk PT. Amerta Indah Otsuka
POCARI SWEAT
adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap
harinya. Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan
elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik
dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi
berat. Selain itu, dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan
cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan
sehat.
SOYJOY
adalah makanan berbentuk bar yang terbuat sepenuhnya dari tepung kedelai dan
buah-buahan asli. SOYJOY adalah sebuah konsep baru dan pertama di Indonesia
yang menawarkan suatu produk dengan manfaat kedelai dan buah sekaligus menjadi
makanan yang sehat dan praktis.
Sejarah Pocary Sweat Masuk Ke Indonesia
Pocary Sweat merupakan minuman
kesehatan yang di produksi oleh perusahaan farmasi Otsuka Filiphina
Pharmaceutical Incorporated. Pocary Sweat pertama kali di perkenalkan oleh
Jepang pada tahun 1980 dan sejak itu menjadi minuman favorit konsumen Jepang.
Minuman kesehatan ini merupakan minuman isotonik yang dapat membantu
menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang melalui keluarnya keringat.
Sampai saat ini Pocary Sweat sudah di nikmati oleh konsumen di 14 negara di
seluruh dunia. Pocary Sweat mulai masuk pasar Indonesia pada tahun 1989 dan di
kembangkan oleh PT. Amerta Indah Otsuka (AIO).
Pertama kali masuk ke Indonesia pada
tahun 1989 hanya 30.000 kaleng setahun dan harus di datangkan dari pabrik
minuman Pocary Sweat di Korea Selatan. Pada tahun 1991, Otsuka Pharmaceutical
mendirikan PT Amerta Indah Otsuka dengan membuka pabriknya di Lawang (Malang JawaTimur) yang memproduksi minuman Pocary
Sweat yang di pimpin oleh direktur Yoshihiro Bando.
Pada awal masuknya ke Indonesia,
Pocary Sweat mengalami masa sulit, kerugian selama lebih dari 10 tahun hingga
pada tahun 2002, perusahaan dapat memperoleh keuntungan, hal ini di sebabkan
oleh pada saat awal penetrasi di Indonesia, persepsi masyarakat masih kabur
terhadap produk yang saat itu Pocary Sweat merupakan pelopor dari produk
minuman isotonic Indonesia. Selama 13 tahun beroprasi pabrik di Lawang di
putuskan di pindahkan ke Sukabumi pada awal 2004.
Pertimbangannya adalah untuk lebih menekan biaya produksi dan
transportasi serta memberikan kemudahan penyediaan bahan baku. Sejak di
pindahkan ke Sukabumi, pabrik mampu memproduksi dua kali lipat menjadi 14juta
kaleng per bulan. Pada tahun 2007 di bangun pabrik baru dengan fasilitas PET
(minuman kemasan botol) untuk memproduksi pocary sweat dalam bentuk botol
menelan biaya investasi lebih dari Rp. 100 Milyar, pabrik tersebut memiliki
produksi sebesar 250.000 botol perjam.
Produk Pocary Sweat terus
berkembang. Hal ini membuat PT. Amerta Indah Otsuka berinisiatif mendirikan
kantor cabang dan mengembangkan pasarnya di pulau Sumatra tepatnya di Kota
Medan. Kantor cabang di Medan didirikan pada tahun 2004 bulan September yang
berkantor di jalan Krakatau ujung komplek Krakatau Multi center Medan. PT. AIO
yang berada di Medan di tugaskan untuk memasarkan dan mendistribusikan ke
seluruh daerah di pulau Sumatra termasuk Medan sendiri.
Sasaran
Sehubungan dengan pesatnya
globalisasi dalam kegiatan operasional, Otsuka
Pharmaceutical telah memperkenalkan logo perusahaan dalam rangka untuk
melakukan komunikasi yang efektif dengan masyarakat di seluruh dunia.
Diciptakan sebagai representasi simbolis yang mewakili falsafah perusahaan Otsuka Pharmaceutical, logo baru ini mencerminkan dedikasi menyeluruh Otsuka dalam meraih sebuah hubungan simbiotik dengan komunitas lokal dan dengan alam, juga berkontribusi dalam mencapai kehidupan yang sehat dan makmur bagi masyarakat seluruh dunia.
Diciptakan sebagai representasi simbolis yang mewakili falsafah perusahaan Otsuka Pharmaceutical, logo baru ini mencerminkan dedikasi menyeluruh Otsuka dalam meraih sebuah hubungan simbiotik dengan komunitas lokal dan dengan alam, juga berkontribusi dalam mencapai kehidupan yang sehat dan makmur bagi masyarakat seluruh dunia.
Makna
Logo Perusahaan
Logo Perusahaan merupakan sebuah
gambaran simbolis dari falsafah perusahaan Otsuka Pharmaceutical mengadopsi huruf huruf 'O' dari inisial nama
perusahaan sebagai motifnya. Mewakili langit, motif 'O' besar di atas berwarna
gradasi biru khas Otsuka
menandakan "keterbukaan", "kebebasan",
"kecerdasan", dan "masa depan". Motif 'O' kecil berwarna
merah khas Otsuka mewakili pusat
energi Otsuka Pharmaceutical,
yang merupakan sumber dari prinsip-prinsip di atas. Disusun secara berimbang
dengan 2 motif tersebut, nama Otsuka
ditulis menggunakan huruf yang jelas dan mudah dibaca. Logo ini menyampaikan
komitmen penuh semangat dari Otsuka Pharmaceutical pada kebahagiaan umat manusia
melalui kesehatan yang baik.
PT
Amerta Indah Otsuka memiliki VISI, MISI, dan Budaya perusahaan sebagai landasan
umum dalam proses kerja perusahaan di antaranya adalah :
VISI
1.
Menjadi perusahaan yang brilian,
dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta
masyarakat.
2.
Menjadi perusahaan yang paling
unggul dalam sumbangsihnya untuk kesehatan manusia yang lebih baik
MISI
- Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.
- Menjadikan kebutuhan dan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritas utama.
- Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta perkembangan perusahaan.
- Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan bisnis.
- Menjadi perusahaan yang terpercaya.
- Menajalankan kegiatan perusahaan dengan standar etika yang tinggi dengan kejujuran dan integritas.
- Menyediakan sarana berkarya bagi para karyawan dalam suasana kerja yang professional sejahtera secara individu bermartabat.
- Bekerja dengan penuh tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan tempat dia berusaha.
- Menyediakan hasil usaha dan keuntungan yang layak serta berkelanjutan kepada para pemegang saham perusahaan.
Budaya
Perusahaan
1.
Fokus pada pelanggan
2.
Disiplin, Jujur, dan Integritas
3.
Mandiri dan Fokus pada lingkaran
pengaruh
4.
Kerja sama yang sinergi
5.
Keterbukaan, Komunikasi, dan Koordinasi
Adapun Program Corporate Social Responsibility yang dimiliki oleh PT. Amerta Indah Otsuka
Adapun Program Corporate Social Responsibility yang dimiliki oleh PT. Amerta Indah Otsuka
Seiring berkembangnya industri
pangan, maka meningkat pula jumlah makanan dan minuman ringan siap saji, baik
di pasar nasional maupun pasar internasional. Perkembangan industri pangan,
tidak hanya berdampak pada kondisi ekonomi, tetapi juga menimbulkan perubahan
budaya pada masyarakat, khususnya dalam hal konsumsi makanan. Mengkonsumsi makanan
dan minuman ringan siap saji kemasan sudah menjadi suatu kebiasaan yang tidak terelakkan
dalam kehidupan sehari – hari. Konsumsi berlebih pada makanan dan minuman ringan
siap saji yang mengandung zat kimia ini telah menimbulkan keprihatinan baru
bagi pemerhati kesehatan.
Oleh karena berkembangnya teknologi
komunikasi yang menghilangkan batas – batas negara – atau lebih dikenal dengan
terminologi Global Village (Marshall McLuhan and Bruce R. Powers, dalam
Argenti, 2007 : 6), maka isu kelayakan konsumsi makanan dan minuman ringan banyak
menarik perhatian dunia. Sebuah isu lokal dapat menjadi sebuah perbincangan
dunia dalam hitungan detik. Hal ini memberikan
tantangan sendiri bagi perusahaan untuk menjaga citra dan reputasinya di
seluruh dunia. Dengan latar belakang tersebut, semakin banyak perusahaan yang
menghargai reputasi perusahaan yang positif.
Penilaian apakah suatu perusahaan
memiliki reputasi yang baik atau tidak, ada di mata individu yang menilai
perusahaan tersebut. Keseluruhan tindakan perusahaan yang dipersepsi oleh
publik dalam jangka waktu tertentu membentuk image yang berbeda di
publik yang berbeda pula. Kompleksitas ini memerlukan kemampuan untuk mengelola
reputasi perusahaan.
Dalam dunia bisnis yang semakin
kompetitif dan pasar bisnis yang terus berubah, Corporate Social
Responsibility bisa menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan dalam meningkatkan
reputasi (Karna, Hansen and Juslin, 2003). Secara spesifik, persepsi konsumen
terhadap perusahaan yang menjalankan Corporate Social Responsibility memiliki
pengaruh terhadap sikap konsumen (Brown and Dacin, 1997; Madrigal, 2000),
khususnya ketika dihadapkan terhadap keputusan pemilihan produk dan pembelian
(Barone, Miyazaki and Taylor, 2000; Bennett and Gabriel, 2000; Sen and
Bhattacharya, 2001). Terdapat bukti nyata yang mengindikasikan bahwa tingkat Corporate
Social Responsibility sebuah perusahaan dapat menarik perhatian konsumen.
Sebuah survey yang dilakukan oleh Smith and Alcorn (1991) menemukan bahwa 45,6%
responden mengatakan kalau mereka akan berpindah merek kepada merek milik
perusahaan yang mendukung atau mendonasi kegiatan sosial.
The World Business Council for Sustainable Development (WBCSD), lembaga internasional yang
berdiri tahun 1995 dan beranggotakan lebih dari 120 multinasional company yang
berasal lebih dari 30 negara, dalam publikasinya Making Good Business Sense mendefinisikan
Corporate Social Responsibility sebagai “Continuing commitment by
business to behave ethically and contribute to economic development, while
improving the quality of life of the workforce and their families as well as of
the local community and society at large.” Artinya, komitmen dunia usaha
(perusahaan) untuk terus menerus bertindak secara etis dan berkontribusi pada
peningkatan ekonomi, bersamaan dengan meningkatkan kualitas hidup dari karyawan
dan keluarganya sekaligus komunitas lokal dan masyarakat secara luas (Wibisono,
2007:7).
Corporate
Social Responsibility telah
mengalami evolusi yang cukup signifikan sejak awal kemunculannya. Dewasa ini,
bentuk Corporate Social Responsibility telah berkembang dari yang bersifat
filantropi menjadi sebuah konsep yang juga mencakup Community Relations dan
Community Development.
Community Relations adalah upaya terus memelihara hubungan baik dengan publik
organisasi atau perusahaan. Community Development adalah usaha
perusahaan untuk memberdayakan masyarakat. Dengan demikian, perusahaan tidak
maju sendiri, tetapi berkembang bersama – sama dengan masyarakat.
Corporate Social Responsibility merupakan tanggung jawab moral
perusahaan. Kegiatannya dilakukan secara sukarela, meskipun perusahaan tidak
diharuskan melakukannya. Selain itu, Corporate Social Responsibility diterapkan
kepada masyarakat atau komunitas diluar komunitas tempat perusahaan itu berada
secara berkelanjutan. Sustainability (keberlanjutan) kegiatan
menggambarkan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat
yang tidak bisa dilakuan secara situasional. Inilah esensi kegiatan Corporate
Social Responsibility – moral responsibility, discretionary, sustainability,
dan beyond community.
Kegiatan Corporate
Social Responsibility memang menunjukkan kecenderungan yang meningkat
secara signifikan, baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Pada laporan
global PricewaterhouseCoopers (PwC) tahun 2010, disimpulkan bahwa jumlah
perusahaan yang membuat laporan Corporate Social Responsibility –sebagai
indikasi perusahaan yang melaksanakan Corporate Social Responsibility-
meningkat.
Corporate
Social Responsibility
1. Pengertian CSR
Corporate
Social Responsibility menurut
Wahyudi (2008, h.36) memberikan definisi CSR adalah sebagai komitmen perusahaan
untuk melaksanakan kewa-jibannya didasarkan atas keputusan untuk mengambil
kebijakan dan tindakan dengan memperhatikan kepentingan stakeholders dan
lingkungan dimana perusahaan melakukan aktivitasnya berlandaskan pada ketentuan
hukum yang berlaku.
2. Manfaat CSR
Perusahaan yang
telah meyakini CSR sebagai suatu kewajiban bagi perusahaan, maka dengan
sendirinya perusahaan telah melaksanakan investasi sosial. Sebagai investasi
sosial maka perusahaan akan memperoleh keuntungan dalam bentuk manfaat yang
akan diperoleh, antara lain yaitu:
a. Meningkatkan profitabilitas dan kinerja finansial yang
lebih kokoh, misalnya lewat efisiensi lingkungan.
b. Meningkatkan akuntabilitas, assessment dan komunitas
investasi.
c. Mendorong komitmen karyawan. Karena mereka
diperhatikan dan dihargai.
d. Menurunkan kerentanan gejolak dengan komunitas.
e. Mempertinggi
reputasi dan corporate building.
Kegiatan Corporate
Social Responsibility memang menunjukkan kecenderungan yang meningkat
secara signifikan, baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Pada laporan
global PricewaterhouseCoopers (PwC) tahun 2010, disimpulkan bahwa jumlah
perusahaan yang membuat laporan Corporate Social Responsibility –sebagai
indikasi perusahaan yang melaksanakan Corporate Social Responsibility-
meningkat.
Program
CSR PT. Amerta Indah Otsuka
01
09
2013
PERESMIAN PERPUSTAKAAN SATU HATI CERDASKAN BANGSA (SHCB) KE 24
DI MIJEN, JAWA TENGAH

Pada tanggal 1 September 2013,
Kontribusi PT. Amerta Indah Otsuka dalam bidang pendidikan terus berlanjut
dengan menambah perpustakaan Satu Hati Cerdaskan Bangsa yang ke-24 di Mijen,
Jawa Tengah. Perpustakaan untuk umum ini dibangun sebagai bagian kegiatan CSR
perusahaan produsen minuman Pocari Sweat ini. Dengan dibangunnya perpustakaan
ini semakin meningkat minat baca anak-anak di sekitarnya.
23
12(TRAINING) PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN LINGKUNGAN SANITASI
PERBAIKAN
2010
![]()
|
22
04
2013
PELATIHAN MENJAHIT UNTUK WARGA DESA KUTAJAYA CICURUG

PT. Amerta Indah Otsuka memberikan
pelatihan menjahit kepada warga Desa Kutajaya Cicurug. Dimulai sejak tanggal
22 April 2013, pada program ini peserta tidak hanya diberi pelatihan namun
juga akan mendapatkan sertifikat dari badan Diklat Kabupaten Sukabumi dan
akan diseleksi dan direkrut oleh PT. WooShin Garment Internasional sebagai
pihak penerima tenaga kerja.
|
07
03
2012
LAPANGAN FUTSAL UNTUK UMUM SEBAGAI BAGIAN DARI KONSEP "OPEN
SPACE & COMMUNITY INTERACTION"

Sejak Maret 2012, siswa/I SD
YAPPISA Benda diberikan kesempatan untuk memanfaatkan Lapangan Futsal yang
berada di Pabrik Sukabumi. Ini merupakan Bagian dari konsep factory “Open
Space and Community Interaction” seperti halnya factory visit sebagai salah
satunya. Pilihan SD YAPPISA didasarkan pada pertimbangan kesulitan yang
dialami sekolah selama ini untuk kegiatan olahraga karena keterbatasan lahan
yang dimiliki.
15
08
2012
PROGRAM BAKTI SOSIAL RAMADHAN 1433 H
![]()
27
09
2012
PEMBERIAN BEASISWA BAGI MURID BERPRESTASI
![]()
|
18
10
2011
PT AMERTA INDAH OTSUKA INAUGURATED RUMAH BELAJAR SATU HATI
CERDASKAN BANGSA

PT Amerta Indah Otsuka
berkomitmen untuk meningkatkan standar
kesejahteraan masyarakat Indonesia
dengan menyediakan Rumah Belajar Satu Hati Cerdaskan Bangsa
yang dapat dinikmati oleh orang-orang
yang tinggal di dekatnya premis pabrik. Rumah Belajar Satu
Hati Cerdaskan Bangsa diresmikan pada 14 Oktober 2011 oleh Presiden Direktur PT
Amerta Indah Otsuka,
Yoshihiro Bando, dan
Kepala Daerah, Suhartoyo.
PT. AMERTA INDAH OTSUKA SATU HATI PEDULI LINGKUNGAN (GERAKAN
HATI UNTUK KEBERSIHAN PANTAI)
![Kanan ke kiri: Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Managing Director of PT Amerta Indah Otsuka Prayogo Gunawan dan Head of Marketing Pocari Sweat Ricky Suhendar dalam kampanye Gerakan Satu Hati Peduli Lingkungan. [SP/Hendro Situmorang]](file:///C:\Users\User\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image015.jpg)
Komitmen Pocari Sweat untuk
mengedukasi masyarakat Indonesia berlanjut. Kali ini dengan program ‘Satu Hati
Peduli Lingkungan. Program “Satu Hati Peduli Lingkungan” dimulai April 2012.
Diawali dengan kegiatan yang berlangsung selama 1 bulan yang telah melibatkan
1.925 orang anak muda untuk terjun langsung dan berhasil membersihkan 3.950 kg
sampah dari 3 Pantai di Indonesia yaitu pantai Ampenan Lombok, Pantai Citepus
Sukabumi dan Pantai Depok Yogyakarta.
Hambatan Hambatan Dalam Penerapan Program CSR PT. Amerta
Indah Otsuka
Dalam pelaksanaan sebuah program tentu
tidak akan lepas dari hambatan termasuk hambatan-hambatan yang di hadapi oleh
PT. Amerta Indah Otsuka. Menurut informasi yang saya dapat, tidak terlalu
banyak hambatan yang di hadapinya. Beberapa hambatan yang di tangani oleh PT
Amerta Indah Otsuka adalah :
1.
Pada
program Satu Hati Peduli Lingkungan hambatan yang kita dapat adalah kesadaran
dari masyarakat kita itu sendiri yang masih belum baik mengenai kebersihan dan
menjaga lingkungan lingkungan
2.
Pihak
kami yang telah melakukan banyak penyuluhan tentang kebersihan lingkungan namun
terkadang ada masyarakat yang tidak mendengarkan bahkan tidak mempedulikannya.
3.
Birokrasi
yang sulit dengan pemerintah.
Solusi
1.
Untuk
membangkitkan kesadaran pada masyarakat tentang bagaimana memunculkan rasa
kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar kita, Pihak kami
memberikan rangsangan (stimulate) kepada masyarakat dengan cara membersihkan
sampah sampah yang ada di sepanjang pinggir pantai yang telah kami datangi, dan
menjadikannya sebagai contoh agar hati masyarakat ikut tergerak untuk ikut
membersihkannya.
2.
Pihak
kami harus lebih sabar dan lebih banyak lagi mengadakan penyuluhan dan
sosialisasi kepada masyarakat dengan VISI dan MISI yang jelas agar program CSR
PT. Amerta Indah Otsuka dapat berjalan lancar dan baik.
3.
Mengadakan
Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang lain, yang baru dan lebih
inovatif dan menarik bagi masyarakat untuk lebih menggerakan hati masyarakat.
Kesimpulan
a. Program
Corporate Social Responsibility yang meliputi variabel sosial, ekonomi
dan sosial yang dijalankan PT. Amerta Indah Otsuka memiliki pengaruh yang
signifikan antara satu dengan lainnya, yaitu dengan tingkat korelasi antara
yang memiliki tingkat hubungan signifikan dan yang berada pada tingkat hubungan
yang sangat signifikan. Hal ini dilihat dari koefisien korelasi setiap variabel
yang dihitung berdasarkan pengujian validitas yang dikorelasikan melalui
interpretasi koefisien korelasi.
b. Program
CSR memiliki pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap Pemberdayaan
Masyarakat.
c. Penerapan
CSR bidang lingkungan yang di lakukan oleh PT. Amerta Indah Otsuka, di harapkan
dapat berjalan lancer dan membawa dampak baik bagi masyarakat yaitu tentang
kepedulian dan kesadaran masyarakat kita itu sendiri tentang bagaimana menjaga
lingkungan yang baik dan harus di mulai dari diri sendiri.
Saran
1. Sebaiknya
sebagian dari masyarakat mau menerima dengan antusias atas program Corporate
Social Responsibility bidang pendidikan yang dilakukan oleh PT. Amerta
Indah Otsuka, sehingga program Corporate Social Responsibility dapat
dirasakan oleh masyarakat secara menyeluruhan dan dapat berjalan dengan lancar
dan baik.
2. Diharapkan
pihak perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan program Corporate
Social Responsibility-nya, karena variabel sosial, ekonomi dan lingkungan
mempunyai pengaruh yang dominan dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat.
3. Sebaiknya
Perusahaan manapun lebih banyak lagi melakukan kegiatan program CSR ini yang
lebih menarik, inovatif, mendidik dan bermanfaat bagi masyarakat agar
memberikan nilai plus atau citra positif di masyarakat bagi perusahaan itu
sendiri.
Sekian tentang Perusahaan PT. AIO dan sedikit program CSR nya... Smoga bermanfaat gan ^_^
BalasHapusterimakasih ya artikelnya :)
BalasHapusok siap gan, kembali kasih :)
HapusMohon Bantuan dari PT. Amerta Indah Otsuka untuk memperbaiki sarana dan prasarana sekolah SMA Plus Darul Hidayah dengan alamat Kp. Baru RT.05/01 Desa tenjoayu Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi.email : smaplusdarulhidayah@gmail.com
BalasHapusDear : Custumer Import & Domestics
BalasHapusKami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id