Minggu, 04 Januari 2015

PT. Amerta Indah Otsuka Dan Program CSR



PT. Amerta Indah Otsuka


Latar Belakang


PT. Amerta Indah Otsuka

            Merupakan anak perusahaan Otsuka Pharmaceutical yang bergerak di bidang farmasi yang sudah terkenal di Jepang. PT. Amerta Indah Otsuka bergerak di bidang bisnis minuman isotonik. PT. Amerta Indah Otsuka merupakan perusahaan yang memasarkan produk minuman Pocary Sweat di Indonesia. Belakangan ini selain memproduksi minuman isotonic dengan merek Pocary Sweat di Indonesia, PT. Amerta Indah Otsuka juga memproduksi makanan ringan berbentuk bar yang terbuat dari tepung kedelai dan buah buahan asli yang ber merk Soyjoy.

Produk PT. Amerta Indah Otsuka


POCARI SWEAT adalah minuman isotonik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang setiap harinya. Komposisi POCARI SWEAT mirip dengan cairan tubuh dengan kandungan elektrolit yang seimbang, sehingga dapat diserap lebih cepat dan lebih baik dibandingkan air minum biasa, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi berat. Selain itu, dengan kelebihan tersebut, POCARI SWEAT dapat mengembalikan cairan tubuh secara menyeluruh sehingga membuat tubuh terasa lebih segar dan sehat.

SOYJOY adalah makanan berbentuk bar yang terbuat sepenuhnya dari tepung kedelai dan buah-buahan asli. SOYJOY adalah sebuah konsep baru dan pertama di Indonesia yang menawarkan suatu produk dengan manfaat kedelai dan buah sekaligus menjadi makanan yang sehat dan praktis.


Sejarah Pocary Sweat Masuk Ke Indonesia

          Pocary Sweat merupakan minuman kesehatan yang di produksi oleh perusahaan farmasi Otsuka Filiphina Pharmaceutical Incorporated. Pocary Sweat pertama kali di perkenalkan oleh Jepang pada tahun 1980 dan sejak itu menjadi minuman favorit konsumen Jepang. Minuman kesehatan ini merupakan minuman isotonik yang dapat membantu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang melalui keluarnya keringat. Sampai saat ini Pocary Sweat sudah di nikmati oleh konsumen di 14 negara di seluruh dunia. Pocary Sweat mulai masuk pasar Indonesia pada tahun 1989 dan di kembangkan oleh PT. Amerta Indah Otsuka (AIO).

            Pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1989 hanya 30.000 kaleng setahun dan harus di datangkan dari pabrik minuman Pocary Sweat di Korea Selatan. Pada tahun 1991, Otsuka Pharmaceutical mendirikan PT Amerta Indah Otsuka dengan membuka pabriknya di Lawang (Malang  JawaTimur) yang memproduksi minuman Pocary Sweat yang di pimpin oleh direktur Yoshihiro Bando.

            Pada awal masuknya ke Indonesia, Pocary Sweat mengalami masa sulit, kerugian selama lebih dari 10 tahun hingga pada tahun 2002, perusahaan dapat memperoleh keuntungan, hal ini di sebabkan oleh pada saat awal penetrasi di Indonesia, persepsi masyarakat masih kabur terhadap produk yang saat itu Pocary Sweat merupakan pelopor dari produk minuman isotonic Indonesia. Selama 13 tahun beroprasi pabrik di Lawang di putuskan di pindahkan ke Sukabumi pada awal 2004.

Pertimbangannya adalah untuk lebih menekan biaya produksi dan transportasi serta memberikan kemudahan penyediaan bahan baku. Sejak di pindahkan ke Sukabumi, pabrik mampu memproduksi dua kali lipat menjadi 14juta kaleng per bulan. Pada tahun 2007 di bangun pabrik baru dengan fasilitas PET (minuman kemasan botol) untuk memproduksi pocary sweat dalam bentuk botol menelan biaya investasi lebih dari Rp. 100 Milyar, pabrik tersebut memiliki produksi sebesar 250.000 botol perjam.

            Produk Pocary Sweat terus berkembang. Hal ini membuat PT. Amerta Indah Otsuka berinisiatif mendirikan kantor cabang dan mengembangkan pasarnya di pulau Sumatra tepatnya di Kota Medan. Kantor cabang di Medan didirikan pada tahun 2004 bulan September yang berkantor di jalan Krakatau ujung komplek Krakatau Multi center Medan. PT. AIO yang berada di Medan di tugaskan untuk memasarkan dan mendistribusikan ke seluruh daerah di pulau Sumatra termasuk Medan sendiri.



Sasaran

Sehubungan dengan pesatnya globalisasi dalam kegiatan operasional, Otsuka Pharmaceutical telah memperkenalkan logo perusahaan dalam rangka untuk melakukan komunikasi yang efektif dengan masyarakat di seluruh dunia.
Diciptakan sebagai representasi simbolis yang mewakili falsafah perusahaan Otsuka Pharmaceutical, logo baru ini mencerminkan dedikasi menyeluruh Otsuka dalam meraih sebuah hubungan simbiotik dengan komunitas lokal dan dengan alam, juga berkontribusi dalam mencapai kehidupan yang sehat dan makmur bagi masyarakat seluruh dunia.

Makna Logo Perusahaan

Logo Perusahaan merupakan sebuah gambaran simbolis dari falsafah perusahaan Otsuka Pharmaceutical mengadopsi huruf huruf 'O' dari inisial nama perusahaan sebagai motifnya. Mewakili langit, motif 'O' besar di atas berwarna gradasi biru khas Otsuka menandakan "keterbukaan", "kebebasan", "kecerdasan", dan "masa depan". Motif 'O' kecil berwarna merah khas Otsuka mewakili pusat energi Otsuka Pharmaceutical, yang merupakan sumber dari prinsip-prinsip di atas. Disusun secara berimbang dengan 2 motif tersebut, nama Otsuka ditulis menggunakan huruf yang jelas dan mudah dibaca. Logo ini menyampaikan komitmen penuh semangat dari Otsuka Pharmaceutical pada kebahagiaan umat manusia melalui kesehatan yang baik.



PT Amerta Indah Otsuka memiliki VISI, MISI, dan Budaya perusahaan sebagai landasan umum dalam proses kerja perusahaan di antaranya adalah :

VISI

1.      Menjadi perusahaan yang brilian, dengan memberikan kontribusi yang signifikan dan terpercaya bagi konsumen serta masyarakat.
2.      Menjadi perusahaan yang paling unggul dalam sumbangsihnya untuk kesehatan manusia yang lebih baik





MISI
  • Mengembangkan dan mempertahankan karyawan yang berkualitas tinggi untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.
  • Menjadikan kebutuhan dan kesejahteraan konsumen dan masyarakat sebagai prioritas utama.
  • Menangkap peluang di semua aspek secara tepat dan inovatif untuk kesejahteraan dan kepuasan konsumen serta perkembangan perusahaan.
  • Mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan dengan rekan bisnis.
  • Menjadi perusahaan yang terpercaya.
  • Menajalankan kegiatan perusahaan dengan standar etika yang tinggi dengan kejujuran dan integritas.
  • Menyediakan sarana berkarya bagi para karyawan dalam suasana kerja yang professional sejahtera secara individu bermartabat.
  • Bekerja dengan penuh tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan tempat dia berusaha.
  • Menyediakan hasil usaha dan keuntungan yang layak serta berkelanjutan kepada para pemegang saham perusahaan.

Budaya Perusahaan
1.      Fokus pada pelanggan
2.      Disiplin, Jujur, dan Integritas
3.      Mandiri dan Fokus pada lingkaran pengaruh
4.      Kerja sama yang sinergi
5.      Keterbukaan,  Komunikasi, dan Koordinasi

Adapun Program Corporate Social Responsibility yang dimiliki oleh PT. Amerta Indah Otsuka


Seiring berkembangnya industri pangan, maka meningkat pula jumlah makanan dan minuman ringan siap saji, baik di pasar nasional maupun pasar internasional. Perkembangan industri pangan, tidak hanya berdampak pada kondisi ekonomi, tetapi juga menimbulkan perubahan budaya pada masyarakat, khususnya dalam hal konsumsi makanan. Mengkonsumsi makanan dan minuman ringan siap saji kemasan sudah menjadi suatu kebiasaan yang tidak terelakkan dalam kehidupan sehari – hari. Konsumsi berlebih pada makanan dan minuman ringan siap saji yang mengandung zat kimia ini telah menimbulkan keprihatinan baru bagi pemerhati kesehatan.

Oleh karena berkembangnya teknologi komunikasi yang menghilangkan batas – batas negara – atau lebih dikenal dengan terminologi Global Village (Marshall McLuhan and Bruce R. Powers, dalam Argenti, 2007 : 6), maka isu kelayakan konsumsi makanan dan minuman ringan banyak menarik perhatian dunia. Sebuah isu lokal dapat menjadi sebuah perbincangan dunia dalam hitungan detik. Hal ini memberikan tantangan sendiri bagi perusahaan untuk menjaga citra dan reputasinya di seluruh dunia. Dengan latar belakang tersebut, semakin banyak perusahaan yang menghargai reputasi perusahaan yang positif.

Penilaian apakah suatu perusahaan memiliki reputasi yang baik atau tidak, ada di mata individu yang menilai perusahaan tersebut. Keseluruhan tindakan perusahaan yang dipersepsi oleh publik dalam jangka waktu tertentu membentuk image yang berbeda di publik yang berbeda pula. Kompleksitas ini memerlukan kemampuan untuk mengelola reputasi perusahaan.

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif dan pasar bisnis yang terus berubah, Corporate Social Responsibility bisa menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan dalam meningkatkan reputasi (Karna, Hansen and Juslin, 2003). Secara spesifik, persepsi konsumen terhadap perusahaan yang menjalankan Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh terhadap sikap konsumen (Brown and Dacin, 1997; Madrigal, 2000), khususnya ketika dihadapkan terhadap keputusan pemilihan produk dan pembelian (Barone, Miyazaki and Taylor, 2000; Bennett and Gabriel, 2000; Sen and Bhattacharya, 2001). Terdapat bukti nyata yang mengindikasikan bahwa tingkat Corporate Social Responsibility sebuah perusahaan dapat menarik perhatian konsumen. Sebuah survey yang dilakukan oleh Smith and Alcorn (1991) menemukan bahwa 45,6% responden mengatakan kalau mereka akan berpindah merek kepada merek milik perusahaan yang mendukung atau mendonasi kegiatan sosial.



The World Business Council for Sustainable Development (WBCSD), lembaga internasional yang berdiri tahun 1995 dan beranggotakan lebih dari 120 multinasional company yang berasal lebih dari 30 negara, dalam publikasinya Making Good Business Sense mendefinisikan Corporate Social Responsibility sebagai “Continuing commitment by business to behave ethically and contribute to economic development, while improving the quality of life of the workforce and their families as well as of the local community and society at large.” Artinya, komitmen dunia usaha (perusahaan) untuk terus menerus bertindak secara etis dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi, bersamaan dengan meningkatkan kualitas hidup dari karyawan dan keluarganya sekaligus komunitas lokal dan masyarakat secara luas (Wibisono, 2007:7).
Corporate Social Responsibility telah mengalami evolusi yang cukup signifikan sejak awal kemunculannya. Dewasa ini, bentuk Corporate Social Responsibility telah berkembang dari yang bersifat filantropi menjadi sebuah konsep yang juga mencakup Community Relations dan Community Development.

Community Relations adalah upaya terus memelihara hubungan baik dengan publik organisasi atau perusahaan. Community Development adalah usaha perusahaan untuk memberdayakan masyarakat. Dengan demikian, perusahaan tidak maju sendiri, tetapi berkembang bersama – sama dengan masyarakat.

Corporate Social Responsibility merupakan tanggung jawab moral perusahaan. Kegiatannya dilakukan secara sukarela, meskipun perusahaan tidak diharuskan melakukannya. Selain itu, Corporate Social Responsibility diterapkan kepada masyarakat atau komunitas diluar komunitas tempat perusahaan itu berada secara berkelanjutan. Sustainability (keberlanjutan) kegiatan menggambarkan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tidak bisa dilakuan secara situasional. Inilah esensi kegiatan Corporate Social Responsibility moral responsibility, discretionary, sustainability, dan beyond community.
Kegiatan Corporate Social Responsibility memang menunjukkan kecenderungan yang meningkat secara signifikan, baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Pada laporan global PricewaterhouseCoopers (PwC) tahun 2010, disimpulkan bahwa jumlah perusahaan yang membuat laporan Corporate Social Responsibility –sebagai indikasi perusahaan yang melaksanakan Corporate Social Responsibility- meningkat.

Corporate Social Responsibility
1. Pengertian CSR

Corporate Social Responsibility menurut Wahyudi (2008, h.36) memberikan definisi CSR adalah sebagai komitmen perusahaan untuk melaksanakan kewa-jibannya didasarkan atas keputusan untuk mengambil kebijakan dan tindakan dengan memperhatikan kepentingan stakeholders dan lingkungan dimana perusahaan melakukan aktivitasnya berlandaskan pada ketentuan hukum yang berlaku.







2. Manfaat CSR

Perusahaan yang telah meyakini CSR sebagai suatu kewajiban bagi perusahaan, maka dengan sendirinya perusahaan telah melaksanakan investasi sosial. Sebagai investasi sosial maka perusahaan akan memperoleh keuntungan dalam bentuk manfaat yang akan diperoleh, antara lain yaitu:
a. Meningkatkan profitabilitas dan kinerja finansial yang lebih kokoh, misalnya lewat efisiensi lingkungan.
b. Meningkatkan akuntabilitas, assessment dan komunitas investasi.
c. Mendorong komitmen karyawan. Karena mereka diperhatikan dan dihargai.
d. Menurunkan kerentanan gejolak dengan komunitas.
e. Mempertinggi reputasi dan corporate building.


Kegiatan Corporate Social Responsibility memang menunjukkan kecenderungan yang meningkat secara signifikan, baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Pada laporan global PricewaterhouseCoopers (PwC) tahun 2010, disimpulkan bahwa jumlah perusahaan yang membuat laporan Corporate Social Responsibility –sebagai indikasi perusahaan yang melaksanakan Corporate Social Responsibility- meningkat.

Program CSR PT. Amerta Indah Otsuka

01
09
2013
PERESMIAN PERPUSTAKAAN SATU HATI CERDASKAN BANGSA (SHCB) KE 24 DI MIJEN, JAWA TENGAH
http://www.aio.co.id/assets/images/csr/MIJEN_1_Sept_2013.jpg
Pada tanggal 1 September 2013, Kontribusi PT. Amerta Indah Otsuka dalam bidang pendidikan terus berlanjut dengan menambah perpustakaan Satu Hati Cerdaskan Bangsa yang ke-24 di Mijen, Jawa Tengah. Perpustakaan untuk umum ini dibangun sebagai bagian kegiatan CSR perusahaan produsen minuman Pocari Sweat ini. Dengan dibangunnya perpustakaan ini semakin meningkat minat baca anak-anak di sekitarnya.
23
12(TRAINING) PENINGKATAN KESEHATAN MASYARAKAT DENGAN LINGKUNGAN SANITASI PERBAIKAN
2010
http://www.aio.co.id/assets/images/csr/8.jpg
Dalam rangka meningkatkan perilaku hidup sehat dan lingkungan yang bersih di Desa Pacarkeling, kami memberikan pelatihan gratis bagi masyarakat desa tentang penggunaan yang tepat dan sehat pemandian umum, cuci dan toilet fasilitas. Selain diikuti oleh masyarakat Desa Pacarkeling, tokoh masyarakat dan petugas Posyandu, pelatihan ini di PT. Amerta Indah Otsuka Training Center ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan Pasuruan, dan Pemerintah Desa. Pelatihan ini dilaksanakan dari 18-30 Januari 2011.
22
04
2013
PELATIHAN MENJAHIT UNTUK WARGA DESA KUTAJAYA CICURUG
http://www.aio.co.id/assets/images/csr/DSC_12541.jpg
PT. Amerta Indah Otsuka memberikan pelatihan menjahit kepada warga Desa Kutajaya Cicurug. Dimulai sejak tanggal 22 April 2013, pada program ini peserta tidak hanya diberi pelatihan namun juga akan mendapatkan sertifikat dari badan Diklat Kabupaten Sukabumi dan akan diseleksi dan direkrut oleh PT. WooShin Garment Internasional sebagai pihak penerima tenaga kerja.
07
03
2012
LAPANGAN FUTSAL UNTUK UMUM SEBAGAI BAGIAN DARI KONSEP "OPEN SPACE & COMMUNITY INTERACTION"
http://www.aio.co.id/assets/images/csr/Pertarungan_Sengit_Mengolah_si_Kulit_Bundar_%28team_Futsal_Putra_SD_Yapissa%29.JPG
Sejak Maret 2012, siswa/I SD YAPPISA Benda diberikan kesempatan untuk memanfaatkan Lapangan Futsal yang berada di Pabrik Sukabumi. Ini merupakan Bagian dari konsep factory “Open Space and Community Interaction” seperti halnya factory visit sebagai salah satunya. Pilihan SD YAPPISA didasarkan pada pertimbangan kesulitan yang dialami sekolah selama ini untuk kegiatan olahraga karena keterbatasan lahan yang dimiliki.
15
08
2012
PROGRAM BAKTI SOSIAL RAMADHAN 1433 H
http://www.aio.co.id/assets/images/csr/Baksos_Ramadhan_SKBM.jpg
Tanggal15 Agustus 2012, sebagaimana agenda rutin di bulan Ramdhan, Pabrik Sukabumi menyelenggarakan Bakti Sosial Ramadhan 1433 H, berupa pemberian bingkisan untuk kebutuhan sehari-hari. Sasaran kegiatan ini adalah135 anak-anak yatim dan piatu dari keluarga kurang mampu di sekitar Pabrik, Desa Kutajaya dan Desa Benda. Kegiatan ini dimaksudkan untuk berbagi kebahagian dengan anak-anak yatim piatu menjelang Hari Raya Idul Fitri
27
09
2012
PEMBERIAN BEASISWA BAGI MURID BERPRESTASI
http://www.aio.co.id/assets/images/csr/Beasiswa_KJY.jpg
Kepedulian PT.AIO akan keberlanjutan dan keberhasilan program pendidikan di wilayah di sekitar lokasi pabrik, diwujudkan dengan pemberian bantuan beasiswa kepada 9 anak berprestasi dari SDN 01 Pacar Keling dan sejumlah 6 anak berprestasi dari SDN 01 Kurung. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2012.





18
10
2011
PT AMERTA INDAH OTSUKA INAUGURATED RUMAH BELAJAR SATU HATI CERDASKAN BANGSA
http://www.aio.co.id/assets/images/csr/NN148046.JPG
PT Amerta Indah Otsuka berkomitmen untuk meningkatkan standar kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan menyediakan Rumah Belajar Satu Hati Cerdaskan Bangsa yang dapat dinikmati oleh orang-orang yang tinggal di dekatnya premis pabrik. Rumah Belajar Satu Hati Cerdaskan Bangsa diresmikan pada 14 Oktober 2011 oleh Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka, Yoshihiro Bando, dan Kepala Daerah, Suhartoyo.

PT. AMERTA INDAH OTSUKA SATU HATI PEDULI LINGKUNGAN (GERAKAN HATI UNTUK KEBERSIHAN PANTAI)
Kanan ke kiri: Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, Managing Director of PT Amerta Indah Otsuka Prayogo Gunawan dan Head of Marketing Pocari Sweat Ricky Suhendar dalam kampanye Gerakan Satu Hati Peduli Lingkungan. [SP/Hendro Situmorang]
Komitmen Pocari Sweat untuk mengedukasi masyarakat Indonesia berlanjut. Kali ini dengan program ‘Satu Hati Peduli Lingkungan. Program “Satu Hati Peduli Lingkungan” dimulai April 2012. Diawali dengan kegiatan yang berlangsung selama 1 bulan yang telah melibatkan 1.925 orang anak muda untuk terjun langsung dan berhasil membersihkan 3.950 kg sampah dari 3 Pantai di Indonesia yaitu pantai Ampenan Lombok, Pantai Citepus Sukabumi dan Pantai Depok Yogyakarta.


Hambatan Hambatan Dalam Penerapan Program CSR PT. Amerta Indah Otsuka

        Dalam pelaksanaan sebuah program tentu tidak akan lepas dari hambatan termasuk hambatan-hambatan yang di hadapi oleh PT. Amerta Indah Otsuka. Menurut informasi yang saya dapat, tidak terlalu banyak hambatan yang di hadapinya. Beberapa hambatan yang di tangani oleh PT Amerta Indah Otsuka adalah :

1.      Pada program Satu Hati Peduli Lingkungan hambatan yang kita dapat adalah kesadaran dari masyarakat kita itu sendiri yang masih belum baik mengenai kebersihan dan menjaga lingkungan lingkungan

2.      Pihak kami yang telah melakukan banyak penyuluhan tentang kebersihan lingkungan namun terkadang ada masyarakat yang tidak mendengarkan bahkan tidak mempedulikannya.

3.      Birokrasi yang sulit dengan pemerintah.


Solusi

1.      Untuk membangkitkan kesadaran pada masyarakat tentang bagaimana memunculkan rasa kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan di sekitar kita, Pihak kami memberikan rangsangan (stimulate) kepada masyarakat dengan cara membersihkan sampah sampah yang ada di sepanjang pinggir pantai yang telah kami datangi, dan menjadikannya sebagai contoh agar hati masyarakat ikut tergerak untuk ikut membersihkannya.

2.      Pihak kami harus lebih sabar dan lebih banyak lagi mengadakan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat dengan VISI dan MISI yang jelas agar program CSR PT. Amerta Indah Otsuka dapat berjalan lancar dan baik.

3.      Mengadakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang lain, yang baru dan lebih inovatif dan menarik bagi masyarakat untuk lebih menggerakan hati masyarakat.
      







Kesimpulan

a.       Program Corporate Social Responsibility yang meliputi variabel sosial, ekonomi dan sosial yang dijalankan PT. Amerta Indah Otsuka memiliki pengaruh yang signifikan antara satu dengan lainnya, yaitu dengan tingkat korelasi antara yang memiliki tingkat hubungan signifikan dan yang berada pada tingkat hubungan yang sangat signifikan. Hal ini dilihat dari koefisien korelasi setiap variabel yang dihitung berdasarkan pengujian validitas yang dikorelasikan melalui interpretasi koefisien korelasi.

b.      Program CSR memiliki pengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap Pemberdayaan Masyarakat.

c.       Penerapan CSR bidang lingkungan yang di lakukan oleh PT. Amerta Indah Otsuka, di harapkan dapat berjalan lancer dan membawa dampak baik bagi masyarakat yaitu tentang kepedulian dan kesadaran masyarakat kita itu sendiri tentang bagaimana menjaga lingkungan yang baik dan harus di mulai dari diri sendiri.

Saran

1.      Sebaiknya sebagian dari masyarakat mau menerima dengan antusias atas program Corporate Social Responsibility bidang pendidikan yang dilakukan oleh PT. Amerta Indah Otsuka, sehingga program Corporate Social Responsibility dapat dirasakan oleh masyarakat secara menyeluruhan dan dapat berjalan dengan lancar dan baik.


2.      Diharapkan pihak perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan program Corporate Social Responsibility-nya, karena variabel sosial, ekonomi dan lingkungan mempunyai pengaruh yang dominan dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat.

3.      Sebaiknya Perusahaan manapun lebih banyak lagi melakukan kegiatan program CSR ini yang lebih menarik, inovatif, mendidik dan bermanfaat bagi masyarakat agar memberikan nilai plus atau citra positif di masyarakat bagi perusahaan itu sendiri.

5 komentar:

  1. Sekian tentang Perusahaan PT. AIO dan sedikit program CSR nya... Smoga bermanfaat gan ^_^

    BalasHapus
  2. Mohon Bantuan dari PT. Amerta Indah Otsuka untuk memperbaiki sarana dan prasarana sekolah SMA Plus Darul Hidayah dengan alamat Kp. Baru RT.05/01 Desa tenjoayu Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi.email : smaplusdarulhidayah@gmail.com

    BalasHapus
  3. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    BalasHapus